Tips membeli sepeda gunung untuk pemula dan testimoni MTB Alloy Primera

Golkil.com – Apakah anda pemula di MTB atau anda seorang yang hobi bersepeda trek jalanan dan ingin mencari tantangan off-road. Penting bagi anda untuk mengetahui sepeda gunung yang tepat. Berikut di bawah ini tips-tips memilih sepeda yang sempurna untuk siap digunakan dalam jejak perjalanan anda.

1. Gunakan ukuran yang tepat

Pastikan anda menggunakan ukuran sepeda yang tepat.

2. Pilih ukuran roda

Untuk sepeda MTB gunakan roda diameter roda  di 27.5 (650b, agresif dan menurun) atau 29 di (XC dan trail). .

3. Pilih hardtail atau full-susspension

Shock belakang, bantalan, linkage dan semua bagian dari suspensi membutuhkan biayanya tidak sedikit. Akibatnya, Anda cenderung mendapatkan spesifikasi bagian hardtail yang lebih baik daripada full – suss pada harga yang sama.

Di sisi lain, kualitas full suss sekarang lebih advance daripada model-model sebelumnya, sehingga lebih menguntungkan.

4. Jangan hanya perhatikan tentang berat

Berat penting, tetapi off-road, kekuatan jauh lebih penting.

5. berhati-hatilah pernak-pernik mencolok

Jangan tertipu oleh mech belakang yang terlihat bagus (derailleur).  Design yang bagus memang akan menaikkan harga jual kembali dari sepeda. kualitas Mech penting, tetapi begitu juga adalah shifter dan cranksets – bahkan chainrings tidak terlalu jauh di belakang. Berhati-hatilah bahwa komponen dengan spec lebih rendah biasanya lebih berat dan lebih sederhana.

6. Pilih suspensi kualitas, bukan kuantitas

Periksa review dari garpu dan guncangan (di full suss) pada sepeda Anda. Kualitas redaman dan pegas udara yang layak akan membuat anda lebih nyaman untuk melakukan perjalanan yang lebih jauh.

Untuk safety bersepeda gunung jangan lupa gunakan helm trail yang lebih kuat. Mungkin anda perlu ransel untuk membawa baju ganti dan persediaan makanan atau minum. Jangan lupa gunakan kacamata, selain buat bergaya juga untuk melindungi dari sinar matahari. Dan juga sepatu khusus sepeda gunung, dan clipless pedal.

Anda juga mungkin harus menggunakan ban baru sesuai dengan aplikasi trayek di perbukitan dan jalan berbatuan. Untuk ban dapat menggunakan yang lebih keras. Atau mungkin juga menyempurnakan gearing dan menyesuaikan bentuk dan ukuran kokpit Anda.

 

Tipe dan Kategori Sepeda sesuai dengan aplikasinya

Dilansir dari polygonbikes.com berikut di bawah Kategori dan Tipe dari sepeda sesuai dengan aplikasinya.

Kategori sepeda

  • MTB: sepeda gunung yang multifungsi untuk medan offroad, jalan berbatu, dan lintas alam.
  • Road : sepeda balap yang ringan dengan ban licin untuk jalan raya, tidak untuk offroad dan jalan berbatu.
  • Urban : sepeda untuk pemakaian sehari-hari di dalam lingkungan perkotaan. Terdiri dari Citybike, Speed utility bike, Hybrid bike, Sepeda lipat , dan sepeda tandem
  • BMX / Dirtjump : sepeda yang digunakan untuk atraksi lompatan tinggi atau di bikepark.
  • Youth : sepeda untuk remaja dan anak-anak. Terdapat varian Road bike, MTB dan sepeda khusus anak-anak.

Tipe Sepeda:

  • Gravity : sepeda gunung (MTB) yang didesain untuk olahraga menuruni gunung (downhill) dengan kecepatan tinggi.
  • Trail : sepeda gunung (MTB) yang digunakan untuk menjelajah medan offroad khususnya terjal dan berbatu. Terdapat dua varian yaitu dengan suspensi tengah dan tanpa suspensi tengah.
  • Enduro : sepeda gunung (MTB ) yang didesain untuk menjelajah medan-medan offroad yang cukup ekstrem di pegunungan atau diluar perkotaan.
  • XC Race : sepeda gunung (MTB) yang didesain khusus untuk medan crosscountry dengan frame yang ringan dan mengutamakan kecepatan dalam berkendara. Tersedia dalam dua varian yaitu dengan suspensi tengah dan tanpa suspensi tengah
  • XC Sport : sepeda gunung (MTB) yang didesain mengikuti XC race dengan harga yang lebih terjangkau dan tetap tangguh untk menjelajah medan cross country.
  • Leisure : sepeda gunung (MTB) yang didesain dengan posisi duduk yang lebih tegak demi kenyamanan berkendara. Sepeda ini dapat digunanakan multifungsi baik di offroad maupun perkotaan.
  • Women : sepeda gunung (MTB) yang didesain khusus untuk pengendara wanita dengan berbagai kelebihan untuk memudahkan wanita. Jangkauan kemudi yang lebih dekat. Desain yang mudah untuk naik turun sepeda. Kontrol kendali yang aman untuk wanita.
  • Race: sepeda balap (road race) yang didesain khusus untuk performance tinggi pada kecepatan saat kompetisi. Kokoh, ringan dan responsif untuk para pecinta kecepatan.
  • Endurance: sepeda balap (road race) yang didesain khusus dengan posisi duduk yang lebih tegak. Memberikan kenyamanan saat melakukan perjalanan yang lebih jauh dalam touring
  • Flatbar : sepeda balap (road race ) yang didesain khusus dengan handlebar yang lurus agar posisi berkendara dapat lebih tegak sehingga lebih nyaman.
  • Hybrid : sepeda khusus yang didesain dengan geometri frame sepeda gunung (MTB) tetapi dengan roda 700C seperti pada sepeda balap (road race). Sepeda ini menawarkan pengalaman baru berkendara di perkotaan dengan kenyamanan dan kecepatan yang sesuai dengan medannya.
  • Speed Utility bike (SUB) : sepeda untuk perkotaan yang gaya dan minim perawatan. Dilengkapi dengan belt sebagai pengganti rantai serta internal gear akan mengurangi kebisingan saat berkendara dan tentunya bebas perawatan.
  • City : sepeda yang paling banyak digunakan di perkotaan atau perumahan. Dengan accessories seperti keranjang, lampu, dan carrier belakang, sepeda citybike tipe Sierra menjadi pilihan terutama untuk komuter jarak dekat dan aktivitas sehari-hari. Terdapat pula seri Zenith yang penuh gaya dengan ban 700C , Belt drive sebagai pengganti rantai.
  • Tandem : sepeda unik yang didesain khusus untuk dua pengendara sekaligus. Sangat cocok untuk bersepeda di taman rekreasi atau di sekitar perumahan bersama pasangan atau keluarga tercinta.
  • Folding : sepeda lipat yang praktis dan inovatif bagi yang bermobiltas tinggi. Dapat dilipat dan disimpan dalam space yang terbatas sehingga pengalaman sepeda anda menjadi tak terbatas tempat manapun.
  • Dirt Jump : sepeda yang didesain khusus untuk melakukan atraksi lompatan tinggi. Dilengkapi dengan frame yang kokoh untuk meredam benturan saat sepeda kembali menyentuh tanah.
  • Freestyle : sepeda BMX yang didesain khusus untuk melakukan atraksi di medan datar di sekitar rumah, jalanan atau bike park. Dilengkapi dengan frame dan fork yang kokoh serta rim double wall 20” untuk menghadapi tantangan apapun.
  • BMX Race: sepeda BMX yang didesain khusus untuk race! Dengan material ALX yang ringan akan membawa anda ke podium dalam setiap lomba.
  • Road (Youth bikes) : sepeda balap (road race) yang didesain khusus untuk junior racer dengan frame ALX yang ringan dan roda 24. Desain ruang kendali yang pas untuk stabilitas pengendalian dengan kecepatan tinggi.
  • MTB (Youth bikes) : sepeda gunung yang didesain khusus untuk junior rider. Tersedia dalam ukuran 24” dan 20” sesuai tinggi badan anak.
  • Kids (Youth bikes) : sepeda pemula bagi anak-anak umur 5-6 tahun agar mulai mencintai sepeda

Pilihan Sepeda dengan Harga tergolkil

SEPEDA MTB ALLOY PRIMERA
Spesifikasi:

Frame Alloy
Rem Mekanik Double Cakram
21 Speed Transmission
Shifter Shimano Thumb Shifter EF41
RD Shimano Tourney
Ban Quick Release
Fork Suspension
Velg Alloy Double Wall 26 inch
SNI

Testimoni pengguna

1. Sepeda paling ganteng di kelasnya

” Dari pengalaman gowes pertama sejauh 25km *kelebihan :

-desain cakep, dijalan jarang ada yg punya

-speed kenceng, bisa smpe 40km/jam(track lurus datar)

-frame alloy, ringan saat di angkat -sock depan lumayan genjot

*kekurangan :

-sadel keras bikin sakit bokong, smpai 2 hari setelah gowes masih kerasa sakit

-pedal nya suka macet ketika gowes

-settingan rd dan fd dari toko kurang pas…

– selama gowes saya gk bisa pindah ke chainring depan paling kecil dan sprocket belakang no 6

Saran untuk toko :

1. Ganti sadel bawaan dengan merk lain yg lebih empuk. Nambah harga sedikit gak masalah, daripada buat bokong orang sakit dan gak nyaman

2. Settingan shiffter ke fd dan rd tolong di pas’in… Gak semua orang awam bisa setting ulang

3. Untuk paket pengiriman crank arm tolong dibungkus juga.. kemarin paket saya crank arm nya lecet kegesek jeruji depan.

Thanks, yang mau beli wajib beli”

2. Shimano. Frame alloy. Bokong sakit

Positif

++ rd shimano tourney (cukup smooth pindah gigi)

+++ frame alloy (menurut info toko, bingung membuktikannya, percaya aja)

+++ harga murah

+++ desain

+++ ban united

+ fork depan standar,

Negatif

– kurang nyaman kalo jalan berlubang –

– fd ga ada merek, susah pindah gigi dari 1 ke 2, mesti 1 ke 3 terus turun ke 2.

– sadel tipis, bokong sakit (mesti upgrage)

3. Wah, Puas Banget!

MINUS

– – ban dalam sobek lebih baik sebelum dipakai dicek atau diganti dgn yg baru

– – pedalnya agak susah/seret dn mudah hancur krn plastik, lebih baik ganti yg aloy

– – fd/rd harus di setting lg biar joss..

– – saddlenya ganti yg ada gelnya biar empuk

– – setelah pemakaian beberapa bulan Bottom bracket ( BB ) nya bunyi mendingan ganti aja

PLUS

++ Jarang orang pakai jd agak kepo klo liatnya

++ Over all bagus loh dan sdh sy coba dan rasakan. Jalan dr rumah – kantor 14k, tasik – pangandaran 107k, colomadu solo 25k, bogor – jakarta 55k, jogja – borobudur 42k.

Dan enak dipakainya asal yg minusnya sy sebutkan diatas diganti ya, dan ini sesuai dgn harga terjangkau lah.. Knp harus beli yg mahal kalau yg murah pun gk seperti brg murahan. Utk pemula lebih baik wajib beli ini, ntar nyesel deh klo gk beli.. Mumpung harga subsidi klo sdh harga komersil pasti naik 100% buruan beli…. #salamgoweser

3 Replies to “Tips membeli sepeda gunung untuk pemula dan testimoni MTB Alloy Primera”

  1. ulasannya oke nih gan. btw, itu fork depan sudah ada fitur lock nya blom yak? trus bobot sepedanya berapa Kg? thanks.

  2. Kalau untuk berat sekitar 8 kg-an gan…Untuk lebih detailnya bisa klik di gambar, biar bisa tanya2 langsung ke penjualnya (free charge kok, fyi)..kita disini cuma bantu kasih info review produk..Trims udah mampir gan..

  3. untuk botom braket review dari saya ketika bunyi saat di gowes mending bongkar bbnya karna didlm masih ada sisa2 serpihan dratnya saya udh alami 2x bongkar dan dibersihkan sebelum dipasang kembali pastikan sudah bener2 bersih dari serpihan dratnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *