Health

Gejala & ciri-ciri virus Corona serta tips pencegahannya


golkil.com – Bersumber dari Who menyebutkan bahwa penyakit corona virus atau sering disebut COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona yang baru ditemukan. Sebagian besar orang yang terinfeksi virus COVID-19 akan mengalami penyakit pernapasan ringan hingga sedang dan sembuh tanpa memerlukan perawatan khusus.

Orang yang lebih tua, dan mereka yang memiliki masalah medis bawaan seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, penyakit pernapasan kronis, dan kanker lebih mungkin berkembang menjadi penyakit serius.

Cara terbaik untuk mencegah dan memperlambat penularannya adalah bagaimana anda mengidentifikasi tentang virus COVID-19, mengetahui penyebab dan bagaimana penyebarannya. Lindungi diri Anda dan orang lain dari infeksi dengan mencuci tangan atau sering mencuci tangan anda dengan alkohol dan tidak menyentuh wajah Anda.

Virus COVID-19 menyebar terutama melalui tetesan air liur atau keluar dari hidung ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, jadi penting bagi Anda untuk juga berlatih etika saat bersin (misalnya, dengan batuk pada siku yang tertekuk).

Saat ini, tidak ada vaksin atau perawatan khusus untuk COVID-19. Namun, ada banyak uji klinis untuk mengevaluasi perawatan potensial. WHO akan terus memberikan informasi terbaru segera setelah temuan klinis tersedia.

Ciri-ciri terinfeksi Virus Corona

Gejala umum meliputi: Demam kelelahan batuk kering. Gejala lain termasuk: sesak napas sakit dan nyeri sakit tenggorokan dan sangat sedikit orang akan melaporkan diare, mual atau pilek.

Orang dengan gejala ringan yang dinyatakan sehat harus mengisolasi diri dan menghubungi penyedia medis mereka atau saluran informasi COVID-19 untuk nasihat tentang pengujian dan rujukan.

Orang dengan demam, batuk atau kesulitan bernapas harus segera menghubungi dokter dan perhatian medis khusus.

Tips mencegah Corona Virus dari WHO dan UNICEF

Untuk mencegah infeksi dan memperlambat transmisi COVID-19, lakukan hal berikut:

  1. Cucilah tangan Anda secara teratur dengan sabun dan air selama 20 detik. Berdasarkan info dari cnn.com/health mencuci tangan menggunakan air yang mengalir dan sabun selama 20 detik jauh lebih efektif dibandingkan menggunakan hand sanitizer. Hand Sanitizer dengan komposisi alkohol lebih dari 60% memang baik untuk membunuh virus tapi butuh cukup banyak untuk menjangkau seluruh permukaan tangan kita untuk membersihkan. Apabila menempel di permukaan logam, virus corona dapat hidup selama 12 jam. Mencuci tangan dengan sabun dan air sudah cukup.
  2. Sediakan hand sanitizer hanya untuk berjaga-jaga saat bepergian dan jika tangan kita sering memegang benda-benda di sekitar kita.
  3. Hindari menyentuh wajah, mata, hidung dan kuping. Tutupi mulut dan hidung Anda saat batuk atau bersin.
  4. Tetap tinggal dan beraktivitas di rumah untuk mencegah penyebaran terutama jika Anda merasa tidak sehat.
  5. Jangan merokok dan aktivitas lain yang melemahkan paru-paru.
  6. Pertahankan jarak minimal 1 meter antara Anda dan orang lain.Hindari perjalanan yang tidak perlu dan menjauh dari kelompok besar orang atau kerumunan.
  7. Corona merupakan virus berukuran besar. Diameter virus ini 400-500 micro, sehingga masker jenis apa pun dapat mencegah masuknya ke tubuh kita dan tidak perlu menggunakan masker yang mahal. Gunakan masker terutama jika anda sakit.
  8. Apabila berada di udara bersuhu 26-27 °C, virus corona akan mati sehinga tidak tahan hidup di daerah panas. Di samping itu, minum air panas dan berjemur di bawah sinar matahari sudah cukup sebagai pencegahan
  9. Berkumur sampai dalam dengan air hangat dan garam akan membunuh virus corona di sekitar anak tekak dan mencegahnya masuk kedalam paru-paru.
  10. Apabila menempel di kain, virus corona dapat hidup selama 9 jam, sehingga mencuci pakaian atau menjemurnya di bawah sinar matahari selama 2 jam sudah cukup untuk membunuhnya.

Tips mempertahankan daya tahan tubuh dan Imunitas

  1. Pertahankan imunitas tubuh dengan selalu banyak minum air hangat, makan sup yang banyak lada dan bawang putihnya dan minumlah jahe. Hindari makanan dan minuman dingin termasuk ice cream sangat penting.
  2. Olahraga secara teratur agar badan selalu bugar. Anda bisa melakukan kardio.
  3. Banyak makan buah, sayur-sayuran dan menerapkan pola hidup sehat
  4. Istirahatlah jika badan anda kurang fit. Kurangi tidur larut malam untuk menjaga kondisi tubuh anda.
  5. Konsumsi madu, kurma , dan Habbatusauda untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda.

Tips lain berdasarkan pengalaman yang bisa dicoba

Saat ini wabah virus Corona semakin meluas ke seluruh dunia. Di Indonesia saja makin hari makin bertambah. Ada sebuah kejadian menarik di China. Ketika epidemi virus Corona merebak di banyak tempat di dunia, ada sebuah keluarga yang sama sekali tak tersentuh oleh virus Corona. Ada seorang dokter yang heran akan hal ini dan ia mengunjungi keluarga tersebut. Dokter ini mendapati bahwa keluarga ini tiap hari menaruh bawang merah yang telah dikupas di mangkok dan meletakkannya di setiap kamar di rumah itu.

Akhirnya dokter ini mengambil salah satu mangkok yang ada bawang merah kupasan itu dan dengan metoda bakteriologis dokter ini mendapati seluruh permukaan bawang itu penuh virus dan kuman yang sudah in-aktif. Bawang merah itu ternyata menyedot virus dan kuman lalu memfokuskannya masuk dalam intra sel, lalu dicerna dalam vakuola dan membunuhnya. Bukan hanya virus saja, tapi juga bakteri, kuman, semuanya terkumpul di situ dalam keadaan sudah in-aktif atau mati.

Kemudian dokter ini juga melihat ada beberapa toko di China juga memasang bawang merah di sekitar tokonya juga terbebas dari serangan epidemi dan mendapati karyawannya lebih sehat. Akhirnya dokter ini mendapatkan kesimpulan : Jadi tempatkanlah beberapa butir bawang merah yang telah dikupas dalam sebuah mangkuk, tempatkan di kamar tidur dan ruang keluarga. Ganti setiap hari, maka Anda akan terbebas dari segala virus dan bakteri termasuk virus Corona.

Akhirnya dokter ini membuat percobaan : Dia memiliki pasien seorang penderita radang paru berat atau pneumonia dan sedang menjalani pengobatan. Maka dokter ini mengambil beberapa bawang merah, lalu dia kupas dan dimasukkan dalam mangkuk lalu ditaruh di samping ranjang pasien semalaman. Mula mula dia sendiri merasa aneh. Bahkan teman teman dokter seprofesinya mengira dia sedang mempraktekkan ilmu sihir.

Keesokan paginya alangkah terkejutnya dokter ini karena ternyata bawang merah itu telah berubah warna jadi kehitaman. Dan ketika bawang merah itu diambil dan diteliti di laboratorium ternyata bawang merah itu telah penuh dengan kuman dan bakteri. Setiap hari dokter ini memasang bawang merah dan jika sudah menghitam lalu dibuang dan diganti dengan yang baru. Ternyata pasien dokter ini lebih cepat sembuh.

Demikianlah pemaparan tentang virus Corona, gejala dan cara pencegahannya. Di atas merupakan ikhtiar untuk menjaga kita dari virus dan agar selalu tetap sehat. Tidak lupa yang paling utama kita lakukan selain usaha-usaha diatas adalah selalu berdoa memohon perlindungan dari Allah SWT, memperbanyak dzikir dan mendekatkan diri lagi pada Illahi Robbi. Satu lagi kita perbanyak sedekah dan tingkatkan kepedulian sosial ke masyarakat yang membutuhkan. Manfaatkan momen ini untuk membantu orang lain bukan malah menumpuk barang atau bahan poko yang terlalu over. Mudah-mudahan infonya bermanfaat dan kita semua selamat dari wabah ini….

Comment here