Health

7 Manfaat kesehatan dari kurma yang terbukti secara klinis


Golkil.com – Kurma adalah buah dari pohon kurma, yang ditanam di banyak daerah tropis di dunia. Kurma telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Hampir semua kurma yang dijual dikeringkan.

Anda dapat mengetahui Apakah kurma segar atau tidak  dikeringkan berdasarkan penampilannya. Kulit kurma yang keriput menunjukkan mereka kering, sedangkan kulit halus menunjukkan kesegaran.

Kurma Medjool dan Deglet adalah varietas unggul yang paling sering dikonsumsi. Kurma yang kenyal dan manis memiliki nutrisi penting yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kurma memiliki kalori yang cukup tinggi mirip dengan kismis. Selain itu kurma juga mengandung beberapa vitamin dan mineral penting di samping sejumlah besar serat. Sebagian besar kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat. Sisanya adalah dari jumlah yang sangat kecil protein.

Artikel ini akan membahas 8 manfaat kesehatan dari kurma dan bagaimana memasukkan mereka ke dalam diet Anda.

1. Kurma memiliki gizi yang tinggi

Buah kurma terbukti mengandung banyak unsur mineral yang baik untuk tubuh, seperti fosfor, kalsium, magnesium, besi, sodium, sulfur dan klorin. Fosfor dan kalsium berguna untuk membentuk tulang dan kesehatan gigi. Besi sangat penting untuk aktivitas pembentukan hemoglobin dan zat darah merah sehingga mampu mencegah kurang darah.

Kandungan total protein pada buah kurma mencapai 1.4-1.7gram/100gram kurma, jumlah ini diperkirakan sama dengan jumlah protein yang tersimpan pada daging. Kandungan protein pada buah kurma akan mencapai puncaknya pada tahap kematangan dan terus menurun seiring dengan derajat kematangan buah. Kandungan lain yang terkandung dalam kurma seperti Treonin, Lisin dan Isoleusin sebagai asam amino esensial bahkan jumlahnya sampai ratusan kali lebih banyak dari yang terkandung dalam buah apel.

2. Tinggi serat

Kecukupan asupan serat bagi tubuh sangat berguna bagi kesehatan anda. Serat dapat membantu pencernaan anda dengan mencegah sembelit. Dengan serat yang cukup maka buang air besar akan lebih teratur.

Selanjutnya, serat  dalam kurma dapat bermanfaat untuk mengendalikan gula darah. Serat  memperlambat pencernaan dan dapat membantu mencegah kadar gula darah naik signifikan terlalu tinggi setelah makan. Meskipun rasanya manis, namun kurma mempunyai indek glikemiks (IG) yang rendah.

Serat yang tersimpan dalam kurma ternyata dapat mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat dalam kurma juga bisa mencegah terjadinya kanker usus besar, dikarenakan serat berfungsi membantu melindungi selaput lendir usus dengan menekan paparan dan bahan kimia.

3. Kurma mengandung pro Vitamin dan antioksidan untuk mencegah penyakit.

Kandungan yang juga amat penting yang terdapat pada kurma adalah Kandungan pro Vitamin A (beta karoten) yang mencapai 89 mikro gram per 200 gram buah segar. Vitamin A juga bermanfaat untuk kesehatan mata, sehingga tak heran jika kebanyakan orang gurun rajin mengkomsumsi kurma untuk memperkuat pendengaran dan memfokuskan penglihatan. Selain itu kurma juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin K yang berfungsi sebagai anti oksidan, yang bermanfaat banyak untuk kesehatan.

Antioksidan melindungi sel anda dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya dalam tubuh Anda dan menyebabkan penyakit. Dibandingkan dengan jenis buah yang serupa, seperti ara dan Plum kering, menurut sumber yang terpecaya kurma tampak memiliki kandungan antioksidan tertinggi.

Berikut adalah gambaran dari tiga antioksidan yang paling ampuh yang terkandung dalam kurma:

  • Flavonoid: flavonoid adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan telah dipelajari untuk potensi mereka untuk mengurangi risiko diabetes, penyakit Alzheimer dan jenis kanker tertentu.
  • Karotenoid: karotenoid terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan juga dapat mengurangi risiko gangguan yang berhubungan dengan mata, seperti degenerasi makula
  • Asam fenolik: dikenal untuk sifat anti-inflamasi, asam fenolik dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung

4. Kurma dapat menyehatkan Otak

Makan kurma dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Zat fosfor yang terkandung dalam kurma dapat juga berperan penting sebagai nutrisi otak. Penelitian laboratorium telah menemukan bahwa kurma membantu menurunkan penanda inflamasi, seperti interleukin 6 (IL-6) di otak. Tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko tinggi dari penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer. Selain itu, studi yang dilakukan pada hewan telah menunjukkan kurma dapat membantu untuk mengurangi aktivitas protein beta amiloid, yang dapat membentuk plak di otak.

5. Kurma dapat memberikan Tenaga bagi ibu hamil

Kurma sangat direkomendasikan dikonsumsi beberapa minggu terakhir kehamilan pada wanita hamil. Studi dari 154 wanita hamil ditemukan bahwa mereka yang makan kurma jauh lebih kecil kemungkinannya untuk diinduksi dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Dokter Muhammad an-Nasimi dalam kitabnya,ath-Thib an-Nabawy wal Ilmil Hadits(Pengobatan Ala Nabi dan Ilmu Hadits) mengatakan bahwa perempuan hamil yang mau melahirkan sangat memerlukan makanan dan minuman yang kaya akan unsur gula. Hal ini dikarenakan banyaknya kontraksi otot-otot rahim waktu akan mengeluarkan jabang bayi, terlebih lagi jika hal itu membutuhkan waktu yang lama.

Sehingga kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolennya, yaitu kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi. Dan kedua unsur itu banyak terkandung dalam kurma basah (ruthab). Kandungan gula dalam ruthab sangat mudah dan cepat dicerna oleh tubuh.

6. Kurma adalah pemanis alami dan sangat baik untuk diet sehat

Kurma merupakan sumber fruktosa, yang merupakan jenis gula alami yang terdapat dalam buah. Karena rasanya yang manis dan rasa karamel, kurma menjadi pengganti gula putih yang sangat ideal. Ini bisa anda lakukan dengan blender kurma ditambahkan dengan air untuk membuat pasta kurma. Atau anda bisa mencari produk kurma yang sudah dalam bentuk pasta.

Anda dapat menggunakan kurma untuk pemanis teh dan kopi. Atau bisa juga menggunakan kurma untuk mempermanis saus, seperti salad Dressing dan marinades, atau memadukan mereka ke dalam smoothie dan oatmeal.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Tirmidzi, dikatakan dari Anas r.a, beliau berkata, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam, berbuka puasa sebelum shalat dengan memakan kurma segar, kalau tidak tersedia maka dengan kurma kering, dan kalau tidak ada beliau meminum beberapa teguk air.

Kurma mempunyai kandungan yang baik untuk mengembalikan energi tubuh setelah berpuasa. Dan benar ternyata kurma merupakan jenis makanan yang kaya akan glukosa, yang sanggup menggantikan zat-zat gula yang kering setelah seharian berpuasa.

Dan hebatnya lagi, kenapa Rasulullah menghimbau berbuka dengan kurma adalah bukan tanpa alasan. Ternyata per 100gram kurma segar mengandung 277 kalori yang didapat dari 58 persen karbohidrat. Dan karbohidrat yang terkandung dalam kurma pun berbentuk rantai pendek dan mudah larut dalam air yang fruktosa. Sehingga energi yang disediakan oleh kurma lebih cepat diserap oleh tubuh dibanding jika mengkonsumsi gula sukrosa seperti gula tebu.

7. Kurma memiliki manfaat kesehatan potensial lainnya

Kurma diklaim memiliki beberapa manfaat kesehatan lainnya.

  • Kesehatan tulang: Kurma mengandung beberapa mineral, termasuk fosfor, kalium, kalsium dan magnesium. Semua ini telah dipelajari untuk potensi mereka untuk mencegah kondisi yang berhubungan dengan tulang seperti osteoporosis.
  • Pengendalian gula darah: kurma memiliki potensi untuk membantu regulasi gula darah karena kurma memiliki Indeks Glikemik yang rendah, serat dan aktioksidan yang tinggi. Sehingga kurma dapat menguntungkan bagi penderita diabetes.
  • Beberapa hormon yang tersimpan dalam kurma juga bermanfaat untuk menghambat aktivitas hormon kelenjar gondok atau glandula juga hormon pembangkit kelenjar susu, sehingga dapat memperlancar ASI. Serta sari kurma juga dipercaya dapat mengobati kemandulan
  • Dalam sebuah studi ilmiah di Mesir, ternyata penyakit kanker tidak menyebar ke daerah-daerah yang penduduknya banyak memakan kurma. Dan belakangan terbukti bahwa itu dikarenakan kurma mengandung zat-zat yang bisa mematikan sel kanker. Sebagai mana diketahui, sebagian besar penduduk jazirah arab atau yang tinggal di daerah sahara dan oasis menjadikan kurma sebagai makanan pokok. Kurma merupakan salah satu makanan khas di Timur Tengah. Kaum Arab Badui, menjadikan kurma makanan utama dan dikonsumsi secara rutin. Menurut sebuah survei, prevalensi pengidap kanker dan sakit jantung pada Suku Badui sangat kecil dan paling rendah dibanding penduduk Arab lain.
  • Dapat melindungi tubuh dari racun dan sihir, sebagaimana hadist dari Rasulullah SAW. Dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, diriwayatkan hadits dari Shahabat Saad bin Abi Waqqash, dari Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, bahwa beliau pernah bersabda, Barangsiapa mengkonsumsi 7 butir kurma Ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Referensi:

  • Hadist riwayat Al-Bukhari dan Muslim
  • Healthline.com

Rekomendasi Produk Kurma terbaik yang bisa anda beli

Berikut di bawah rekomendasi kurma terbaik untuk dikonsumsi.

Kurma Dates Crown Khalas

Date Palm Fruit Crown Khalas 1kg adalah kurma yang diimpor dari arab dengan kualitas premium, berwarna coklat gelap dengan tekstur daging yang kenyal dan rasa yang sangat manis. Kurma ini dikemas dalam kemasan box higienis 1 kg

Recommended Seller

Kurma Dates Crown Khenaizi

Kurma berkualitas Impor dari Emirat arab. Kurma emirate terbaik yang berwarna merah gelap dengan tekstur daging yang kenyal dan rasa yang sangat manis. Buah Kurma sangat nikmat disajikan untuk berbuka puasa karena kandungan buahnya yang kaya manfaat untuk kesehatan.

Dikemas dalam kemasan box higienis 1 kg

Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Madinah

Kurma Sukari

Kurma Sukari sering disebut Kurma Ratu atau kurma Raja, karena memiliki ukuran yang besar atau panjang. warna dagingnya coklat muda mirip karamel. Kurma Sukari termasuk salah satu jenis kurma yang sangat digemari di Timur tengah, Asia selatan dan Eropa. Kurma ini tidak kenyal namun lembut dan mudah meleleh dimulut kita.

Kurma Deglet Nour Tunisia

Kurma Medjol Dates

Sari Kurma Tamr

Manfaat SARI KURMA diantaranya :
1. Meningkatkan HB dan TROMBOSIT dalam darah, cocok untuk penyembuhan DBD dan TYFUS.
2. Meningkatkan Ketahanan Salama Berpuasa, diminum disaat sahur dan berbuka puasa.
3. Meningkatkan ENERGI dan STAMINA seketika, menyegarkan dan mengatasi ANEMIA ( kekurangan ZAT BESI) .
4. Melancarkan Pencernaan, mencegah dan mengobati PERADANGAN USUS dan MAAG.
5. Untuk Ibu MENYUSUI, kandungan Zat Besi dan Kalsiumnya dapat menambah jumlah GIZI dalam ASI, Kurma berperan membantu pembentukan Sel Darah dan Sumsum Tulang pada Bayi yang disusui sehingga menjadi salah satu faktor yang dapat memberikan pertumbuhan bayi lebih SEHAT dan CERDAS.
6. Memberikan Tenaga yang besar untuk Ibu yang sedang Hamil, memperkuat urat-urat Rahim sehingga proses melahirkan menjadi lebih mudah dan lancar, sehingga cepat mengganti darah yang keluar saat PERSALINAN.
7. Dapat digunakan untuk menghaluskan KULIT dengan dimakan dan juga menjadi bahan KOSMETIK dengan campuran bahan lainnya.
8. Bagi Penderita BATUK, kandungan gulanya dapat meng HILANG kan gatal-gatal pada Kerongkongan dan menghentikan Batuknya.
9. Menyenyakan tidur bagi para penderita INSOMIA.
10. Menambah TENAGA yang dibutuhkan dalam Hubungan (Pasangan Suami Istri)

Sari Kurma + Madu KurmaQu

Kurmaqu merupakan produk suplemen kesehatan tubuh yang berbahan dasar sari kurma dan madu dengan kualitas terbaik, murni dan alami tanpa ada campuran bahan lain atau pengawet di dalamnya. Sehingga Produk Kurmaqu ini memiliki kandungan khasiat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan tubuh dan penambah stamina.

Ada beberapa keunggulan dari kurmaqu ini di antaranya :

  • Mengandung madu flora dan sari kurma asli
  • Tanpa campuran bahan gula atau pemanis buatan lainnya
  • Tidak panas di tenggorokan, lembut ketika di konsumsi
  • Tekstur lembut, tidak bau hangus, manisnya pas di lidah

Khasiat & Manfaat Kurmaqu :

  • Sebagai suplemen dan penambah stamina tubuh
  • Mencegah penyakit kanker
  • Menjaga kesehatan usus dan lambung
  • Membantu meningkatkan kadar oksigen dalam darah
  • Menjaga kesehatan jantung, paru paru dan ginjal
  • Membantu melancarkan buang air besar atau kecil
  • Mencegah infeksi atau peradangan
  • Menjaga kesehatan tulang, sendi dan gigi
  • Meningkatakn produksi sel darah merah
  • Mengontrol gula darah
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Membantu mempercepat penyembuhan demam berdarah
  • Mengatasi anemia
  • Mencegah dan mengontrol kolesterol jahat
  • Mengatasi gangguan pencernaan (sembelit dll), mengobati penyakit wasir dan ambeien
  • Memberikan asupan tambahan bagi ibu hamil
  • Sebagai pembambah produksi asi
  • Mengobati dan menjaga kesehatan mata
  • Meningkatkan nafsu makan

Demikianlah manfaat kurma bagi kesehatan beserta produk yang kami rekomendasikan. Semoga bermanfaat anda selalu sehat wal afiat..Aamiin..

Comment here