Health

10 Manfaat minum kopi berdasarkan ilmu pengetahuan.


Golkil.com – Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Meminum kopi sudah menjadi trend dan gaya hidup dikalangan masyarakat kita sekarang, terutama para milenial. Sehingga kini menjamur lapak dan kafe kafe yang menjual kopi dari yang kelas bawah sampai kelas atas. Dari pinggir jalan sampai restoraan dan kafe kelas atas.

Minum kopi sudah menjadi kebutuhan dan tidak sedikit yang mengkonsumsinya secara rutin, bahkan ada yang sampai 3 atau 4 kali setiap hari. Namun perlu kita ketahui apakah minum kopi secara rutin setiap hari dapat mempengaruhi kesehatan kita. Adakah benefitnya untuk kesehatan dan bagaimana cara mengkonsumsinya dengan aman. Bersumber dari studi penelitian yang ditulis di healthline.com, berikut adalah atas 10 manfaat kesehatan meminum kopi.

Dapat meningkatkan tingkat energi dan membuat Anda lebih pintar.
Sumber terpercaya mengungkapkan bahwa Kopi dapat membantu orang yang merasa lelah dan meningkatkan energi. Hal ini karena kopi mengandung stimulan yang disebut kafein, zat yang paling sering dikonsumsi psikoaktif di dunia. Setelah Anda minum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah kemudian menuju otak. Di otak, kafein blok neurotransmitter inhibisi adenosin. Ketika ini terjadi, jumlah neurotransmiter lainnya seperti norepinefrin dan dopamin meningkat. Studi pada manusia menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek fungsi otak-termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi, waktu reaksi dan fungsi mental. Jadi biasanya setelah minum kopi efeknya rasa kantuk jadi berkurang. Sangat cocok saat kita mengendarai mobil untuk perjalanan jauh karena kita lebih waspada.

1. Kopi dapat membantu Anda membakar lemak.

Kafein ditemukan di hampir setiap suplemen pembakaran lemak komersial. Ini adalah salah satu dari sedikit zat alami yang terbukti untuk membantu pembakaran lemak. Beberapa studi menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda sampai dengan 3 – 11%. Studi lain menunjukkan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10% pada individu obesitas dan 29% pada orang ramping. Namun, ada kemungkinan bahwa efek ini berkurang dalam jangka panjang peminum kopi.

2. Kopi dapat secara drastis meningkatkan kinerja fisik.

Kafein merangsang sistem saraf Anda, signaling sel lemak untuk memecah lemak tubuh. Tetapi juga meningkatkan epinefrin (adrenalin) dalam darah Anda. Masuk akal kenapa biasanya setelah minum kopi, kita seperti agak berdebar-debar. Ini adalah efek hormon untuk mempersiapkan tubuh Anda untuk pengerahan tenaga fisik yang intens. Kafein memecah lemak tubuh, membuat asam lemak bebas tersedia sebagai bahan bakar. Jadi tidak mengherankan kalau kafein dapat meningkatkan kinerja fisik rata-rata sampai 11 – 12%. Oleh karena itu, anda bisa menyeruput secangkir kopi sekitar setengah jam sebelum ke gym.

Kopi mengandung nutrisi penting. Banyak nutrisi yang terkandung dalam biji kopi. Satu cangkir kopi beris:

Riboflavin (vitamin B2): 11% dari asupan harian referensi (RDI).

Asam Pantotenat (vitamin B5): 6% dari RDI.

Mangan dan kalium: 3% dari RDI.

Magnesium dan Nidi (vitamin B3): 2% dari RDI

3. Kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 adalah masalah kesehatan utama, yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Ini ditandai dengan kadar gula darah tinggi yang disebabkan oleh resistensi insulin atau mengurangi kemampuan untuk mengeluarkan insulin. Peminum kopi memiliki risiko yang lebih rendah mengalami diabetes tipe 2. Studi menunjukkan bahwa orang yang minum kopi paling memiliki risiko 23 – 50% lebih rendah terkena penyakit ini. Hasil review 18 studi dari 457.922 orang, yang menkonsumsi harian secangkir kopi terjadi 7% penurunan risiko diabetes tipe 2.

3. Melindungi Anda dari penyakit Alzheimer dan parkinson.

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum dan penyebab utama demensia di seluruh dunia. Kondisi ini biasanya mempengaruhi orang di atas 65. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit ini terjadi, seperti makan sehat dan berolahraga. Tetapi minum kopi mungkin alternatif yang sangat efektif juga. Beberapa studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki hingga 65% lebih rendah risiko terkena penyakit Alzheimer. Penyakit Parkinson adalah kondisi neurodegeneratif kedua yang paling umum, tepat di belakang Alzheimer. Hal ini disebabkan oleh kematian neuron menghasilkan dopamin di otak Anda. Seperti dengan Alzheimer, tidak ada obat untuk menyembuhkannya. Sehingga fokus pada pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko yang jauh lebih rendah terkena penyakit Parkinson, dengan pengurangan risiko berkisar antara 32-60%.

4. Kopi dapat melindungi hati Anda.

Hati Anda adalah organ menakjubkan yang memiliki ratusan fungsi penting. Beberapa penyakit umum terutama mempengaruhi hati, termasuk hepatitis, penyakit hati berlemak dan banyak lainnya. Banyak dari kondisi ini dapat menyebabkan Sirosis, di mana hati Anda sebagian besar digantikan oleh jaringan parut. Menariknya, kopi dapat melindungi terhadap sirosis. Sumber terpercaya menyebutkan bahwa orang yang minum 4 atau lebih cangkir per hari memiliki hingga 80% risiko yang lebih rendah.

5. Kopi dapat melawan depresi dan membuat Anda lebih bahagia.

Depresi adalah gangguan mental yang serius yang menyebabkan penurunan kualitas hidup secara signifikan. Depresi sangat umum terjadi di Amerika dengan 4,1% orang di AS saat ini memenuhi kriteria untuk depresi klinis. Dalam studi di Harvard tahun 2011, ditemukan bahwa wanita yang minum 4 atau lebih cangkir kopi per hari memiliki 20% risiko lebih rendah menjadi tertekan.

6. Kopi dapat menurunkan risiko jenis kanker tertentu.

Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian dunia. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali dalam tubuh Anda. Kopi tampaknya menjadi pelindung terhadap dua jenis kanker: hati dan kanker kolorektal. Kanker hati adalah penyebab utama ketiga kematian kanker di dunia, sementara kanker kolorektal peringkat keempat. Penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki resiko 40% lebih rendah dari kanker hati. Dan juga studi pada 489.706 orang ditemukan bahwa mereka yang minum 4 – 5 cangkir kopi per hari memiliki risiko 15% lebih rendah terkena kanker kolorektal.

7. Kopi tidak menyebabkan penyakit jantung dan mungkin bisa menurunkan risiko stroke.

Sering diklaim bahwa kafein dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Hal ini benar, tetapi dengan hanya 3 – 4 mm/Hg. Efeknya kecil dan biasanya baru terasa jika Anda minum kopi secara teratur. Studi tidak mendukung bahwa kopi meningkatkan risiko penyakit jantung. Sebaliknya, ada beberapa bukti bahwa perempuan yang minum kopi memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko stroke 20% lebih rendah.

Efek samping Kopi

Meskipun banyak manfaat minum kopi namun dosis kafein dalam jumlah tinggi mungkin memiliki efek samping yang tidak menyenangkan dan bahkan berbahaya. Berikut di bawah ini merupakan efek samping dari kebanyakan minum kopi.

  1. Kecemasan dan gugup yang berlebihan. Mengkonsumsi kopi harian dengan jumlah sangat tinggi sekita 1.000 mg kafein atau lebih per hari telah dilaporkan menyebabkan kegugupan. Sedangkan asupan moderat dapat menyebabkan efek yang sama pada individu yang sensitif pada kafein. Kandungan kafein bervariasi dari jenis kopi dan takaran membuat kopi. Sebagai referensi, kopi gelas besar (grande) di Starbucks berisi sekitar 330 mg kafein.
  2. Insomnia. Kafein dalam kopi membantu orang tetap terjaga. Di sisi lain, terlalu banyak kafein dapat membuat sulit tidur. Ini akan mempengaruhi waktu istirahat anda yang cukup.
  3. Masalah Pencernaan. Efek pencahar kopi telah dikaitkan dengan pelepasan gastrin, hormon perut akan mempercepat aktivitas di usus besar. Namun, kafein sendiri juga tampaknya merangsang buang air besar dengan meningkatkan peristaltik, kontraksi yang memindahkan makanan melalui saluran pencernaan Anda. Tidak mengherankan bahwa dosis besar kafein dapat menyebabkan diare pada beberapa orang.
  4. Kerusakan otot. Rhabdomyolysis adalah kondisi yang sangat serius di mana serat otot yang rusak memasuki aliran darah. Ini akan menyebabkan gagal ginjal dan masalah lainnya. Untuk mengurangi risiko rhabdomyolysis, batasi asupan Anda sekitar 250 mg kafein per hari. Kecuali jika Anda terbiasa mengkonsumsi lebih banyak.
  5. Kecanduan. Orang yang biasa mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang tinggi akan mengakibatkan efek psikologis ketergantungan. Mereka biasanya akan mengalami sakit kepala dan kelelahan jika tidak mengkonsumsi kopi.
  6. Tekanan Darah Tinggi. Secara keseluruhan, kafein tampaknya tidak meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke pada kebanyakan orang. Namun, studi menunjukkan peningkatan tekanan darah dalam jumlah yang kecil. Efek kafein pada tekanan darah tampaknya bersifat sementara, namun penting untuk diperhatikan dosis kafein dan frekuensi dalam meminum kopi.
  7. Detak jantung cepat. Efek stimulasi asupan kafein yang tinggi dapat menyebabkan jantung Anda lebih cepat. Dosis besar kafein dapat meningkatkan denyut jantung atau irama pada beberapa orang. Efek ini tampaknya sangat bervariasi pada setiap orang. Jika Anda merasakan jantung yang berdetak cepat, pertimbangkan untuk mengurangi asupan kopi harian anda.
  8. Kelelahan. Kopi, teh dan minuman berkafein lainnya dikenal untuk meningkatkan tingkat energi. Namun, mereka juga dapat memiliki efek sebaliknya dengan rebound kelelahan setelah kafein meninggalkan sistem tubuh Anda. Studi menyimpulkan meskipun berkafein meningkat kewaspadaan dan meningkatkan suasana hati selama beberapa jam, peserta lebih lelah dari biasanya keesokan harinya.
  9. Sering buang air kecil. Peningkatan buang air kecil adalah efek samping yang umum dari asupan kafein yang tinggi. Ini akibat efek stimulasi senyawa pada kandung kemih. Mengurangi asupan Anda dapat memperbaiki gejala ini.

Kesimpulan

Kopi adalah minuman yang sangat populer di seluruh dunia yang menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang mengesankan.

Hanya dengan secangkir harian Anda akan merasa lebih berenergi, membakar lemak dan meningkatkan kinerja fisik. Selain itu mungkin juga menurunkan risiko beberapa penyakit seperti diabetes tipe 2, kanker dan Alzheimer dan Parkinson.

Meminum Kopi dalam jumlah rendah-ke-moderat dapat membantu Anda hidup lebih lama. Beberapa studi observasional menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko kematian yang lebih rendah. Kopi merupakan sumber terbesar antioksidan dalam diet. Studi menunjukkan bahwa banyak orang mendapatkan lebih banyak antioksidan dari kopi daripada dari buah-buahan dan sayuran gabungan. Bahkan, kopi dapat menjadi salah satu minuman paling sehat di planet ini. Pada kenyataannya, kopi bahkan dapat meningkatkan umur panjang. Namun anda harus memperhatikan takaran dan frekuensi minum kopi.

Jika Anda penikmat kopi, jangan ragu untuk menuangkan secangkir atau 2 cangkir setiap hari.

Baca juga

10 Harga dan rekomendasi Coffee maker terbaik

Comment here